Minggu, 20 Oktober 2024

Prabowo-Gibran Resmi Jabat Presiden dan Wakil Presiden



JAKARTA, GebrakNasional.Com – Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka kini resmi menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) untuk Periode 2024-2029.

Hal tersebut diawali dengan pengucapan sumpah jabatan dalam Sidang Paripurna MPR RI untuk periode 2024-2029.

Pembacaan sumpah tersebut merupakan bagian dari acara pelantikan berlangsung di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Minggu, 20 Oktober 2024.

Prabowo Subianto memulai prosesi dengan mengucapkan sumpah sebagai Presiden Republik Indonesia di hadapan para pimpinan dan anggota MPR.

“Bismillahirrahmannirrahim. Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” kata Prabowo.

Selanjutnya, Gibran Rakabuming Raka juga mengucapkan sumpah dan janji sebagai Wakil Presiden RI.

“Bismillahirrahmannirrahim. Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” ujar Gibran.

Setelah mengucapkan sumpah, Prabowo dan Gibran menandatangani berita acara pelantikan bersama Pimpinan MPR RI.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) terlihat berdiri dan tersenyum saat Prabowo memamerkan berita acara kepada seluruh hadirin. Jokowi dan Prabowo kemudian berjabat tangan dan kembali duduk bersebelahan.

Ketua MPR, Ahmad Muzani mengatakan, dengan diucapkannya sumpah dan janji tersebut, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka kini resmi menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI untuk periode 2024-2029.

“Dengan begitu kami mengajak sidang yang mulia dan hadirin yang terhormat memberikan tepuk tangan yang meriah sebagai tanda penghormatan atas dilantikan Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029,” ucap Muzani. (*/red)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Tulis komentar

Berita Terbaru

Back to Top