Kamis, 03 Oktober 2024

Perayaan HUT ke-79 TNI, Jokowi Akan Jadi Inspektur Upacara

Presiden Jokowi. 

JAKARTA, GebrakNasional.Com – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) akan menjadi Inspektur Upacara dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) pada Sabtu, 5 Oktober 2024 yang akan dilaksanakan di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat.


“Pelaksanaan upacara 5 Oktober yang nanti, pada hari Sabtu, dihadiri sebagai Inspektur Upacara, Presiden RI,” kata Kepala Pusat Penerangan TNI, Mayjen TNI Hariyanto mengungkapkan hal tersebut dalam sesi jumpa pers di lokasi upacara, Kamis, 03 Oktober 2024.


Tema HUT ke-79 TNI adalah "TNI Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju".


Kegiatan perayaan akan dimulai dengan upacara resmi, diikuti oleh parade pasukan, demonstrasi, dan defile kendaraan alat utama sistem persenjataan (alutsista).


“Kemudian nanti ada pesta hiburan rakyat. Mungkin satu hari penuh kita melaksanakan kegiatan,” ungkapnya.


Hariyanto juga mengajak masyarakat untuk hadir dalam perayaan tersebut. Dia mengatakan, masyarakat bisa dengan bebas menyaksikan berbagai kegiatan HUT TNI, termasuk merasakan naik kendaraan alutsista yang dipamerkan.


“(Sebab) Ini adalah pesta TNI dan masyarakat. Jadi sudah dilihatkan bahwa demo, tank, masyarakat ikut bersama-sama. (Masyarakat bisa) dadah-dadah. Masyarakat semua boleh masuk,” kata Hariyanto.


Ia juga menyampaikan, akan ada total sebanyak 1.059 alutsista yang dipamerkan dalam HUT ke-79 TNI, dengan sekitar 100 ribu personel TNI yang bakal memeriahkan acara ini.


Rangkaian HUT TNI kali ini telah dimulai sejak awal September lalu. Pada 21-22 September, TNI menggelar acara "Pesta Rakyat" yang menampilkan berbagai alutsista dan panggung hiburan rakyat. (*/red)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Tulis komentar

Berita Terbaru

Back to Top