Sabtu, 05 Oktober 2024

Kompak, Prabowo – Gibran Hadiri HUT ke-79 TNI di Monas

Presiden terpilih Prabowo Subianto bersama Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka saat memasuki area upacara HUT TNI di Monas, Jakarta, Sabtu, 05 Oktober 2024. 

JAKARTA, GebrakNasional.Com – Wakil Presiden (Wapres) terpilih Gibran Rakabuming Raka turut menghadiri acara puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-79 di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Sabtu, 05 Oktober 2024.


Gibran terlihat menyambut Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi bersama Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus Presiden terpilih, Prabowo Subianto.


Jokowi dan Iriana diketahui tiba di lokasi pukul 07.31 WIB. Saat turun dari mobil, Presiden Jokowi disambut oleh Pj Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Rafael Granada Baay.


Sementara, Prabowo dan Gibran telah menunggu Jokowi dan Iriana di sisi luar karpet merah bersama Wapres Ma'ruf Amin, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Maruli Simanjuntak, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali, dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal M Tonny Harjono.


Usai menyalami mereka, Presiden Jokowi masuk ke arena upacara. Dia berjalan bersama didampingi Wapres Ma'ruf Amin yang berjalan di sisi kananya. Sedangkan Prabowo yang mengenakan setelan jas berwarna abu muda berada di sisi kanan Ma'ruf.


Gibran yang terlihat mengenakan setelan jas hitam dengan dasi merah berjalan tepat di belakang Prabowo dan Ma'ruf, karena situasi yang cukup padat.


Adapun upacara dimulai pada pukul 07.50 WIB, ketika Presiden Jokowi menuju mimbar kehormatan untuk menjadi inspektur upacara, setelah mendapat penghormatan kebesaran.


Lalu, komandan upacara melaporkan kepada Presiden Jokowi bahwa upacara siap dimulai. Setelahnya, Jokowi didampingi Panglima TNI Agus Subiyanto melakukan pemeriksaan pasukan yang terhampar berbaris mengelilingi monas. Pemeriksaan pasukan tersebut menggunakan mobil Maung.


Untuk diketahui, acara puncak peringatan HUT TNI dimulai dengan penampilan drumband gabungan TNI dan dua pesawat Cessna TNI yang masing-masing membawa tulisan "TNI Prima Indonesia Maju" dan "HUT ke-79 TNI 2024".


Kemudian dilanjutkan dengan aerobatic Rajawali Laut Flight yang terbang di atas langit monas dengan mengepulkan asap berwarna merah dan putih. Tema HUT ke-79 TNI adalah "TNI Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju".


Pada acara itu, TNI memamerkan sebanyak 1.059 alutsista yang terdiri dari tiga matra, yaitu Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AU). (*/red)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Tulis komentar

Berita Terbaru

Back to Top