Kamis, 10 Oktober 2024

Kapolresta Serkot Ikuti Apel Kesiap Siagaan Menghadapi Bencana Tahun 2024

 


Serang // GebrakNasional.com - Polda Banten laksanakan apel kesiap siagaan tanggap dalam menghadapi bencana di lapangan Setda Gubernur Banten pada Kamis (10/10).


Kapolresta Serkot Kombes Pol. Sofwan Hermanto, S.I.K., M.H., M.I.K., mengikuti apel kesiap siagaan menghadapi bencana tahun 2024 di daerah hukum Polda Banten. 


Kapolda Banten Irjen Pol. Suyudi Ario Seto, S.H., S.I.K, M.Si., menjadi Irup pada apel kesiap siagaan menuturkan bahwa daerah Banten merupakan daerah rawan gempa maka dari itu kita Polda Banten bersama instansi terkait bekerja sama untuk melaksanakan kesiapan tanggap darurat siaga bencana.


Kapolda Banten juga menambahkan mari kita hilangkan ego sektoral untuk bersama berkomunikasi demi terwujudnya kesiap siagaan dalam menghadapi bencana alam baik itu bencana Gempa bumi dan Banjir.


Kesiapsiagaan bencana alam merupakan upaya untuk mempersiapkan diri, keluarga, dan komunitas agar dapat mengantisipasi dan meminimalkan dari  dampak bencana yang terjadi. Tambah Kapolda Banten.


Kapolda Banten pun menambahkan terjadinya bencana banjir sangat dipengaruhi oleh faktor alam berupa curah hujan yang diatas normal dan adanya pasang naik air laut. Selain itu faktor ulah manusia juga berperan penting seperti penggunaan lahan yang tidak tepat (pemukiman di daerah bantaran sungai, di daerah resapan, penggundulan hutan, dan sebagainya), pembuangan sampah ke dalam sungai, pembangunan pemukiman di daerah dataran banjir dan sebagainya. 


Hadir dalam pelaksanakan apel kesiapsiagaan unsur Forkopimda Provinsi Banten, Pj. Gubernur Banten, Korem 064 MY, Kajati Banten, Lanal Banten, BPBD Prov. Banten, Damkar, Polisi Pamong Praja. Dan Tagana.


Stelah apel kesiapsiagaan berlangsung Kapolda Banten bersama Forkipimda mengecek kesiap pa pasukan peserta apel siaga dengan mengecek kesiapan dan alat-alat pendukung seperti perahu kano, perahu karet, mesin potong, Pasukan K9, Sar Darat dan Air, dapur lapangan Satuan Brimob Banten dan mengecek kendaraan dinas baik roda empat maupun roda dua.


Semoga daerah hukum Polda Banten selalu menjadi daerah yang tetap aman dan kondusif, jika nanti dikemudian hari terjadi bencana kita semua Personel dan stik holder terkait siap untuk meng aplikasikan bantuan terhadap daerah yang berdampak, meri kita berdoa bersama supaya kita selalu di berikan kekuatan dan kesehatan, serta terhindar dari marabahaya. Tutup Kapolda Banten.

(Wie)


Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Tulis komentar

Berita Terbaru

Back to Top