Rabu, 23 Oktober 2024

Ini Empat Kandidat Ajudan Presiden Prabowo dari TNI-Polri


JAKARTA, GebrakNasional.Com – TNI dan Polri telah menyiapkan kandidat untuk menjadi ajudan Presiden Prabowo Subianto.


Kandidat ajudan dari TNI telah diseleksi dari tiga matra, yakni Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara.


Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Maruli Simanjuntak mengatakan, dari Angkatan Darat (AD) ada Kolonel Infanteri Wahyo Yuniartoto lulusan Akademi Militer (Akmil) Tahun 2001 yang saat ini berdinas sebagai Komandan Grup 2 Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI Angkatan Darat.


Menurutnya, dari sejumlah kandidat yang disiapkan, Kolonel Infanteri Wahyo yang lolos seleksi.


“TNI AD menyiapkan beberapa kandidat, dan dia yang terpilih,” kata kepada wartawan, Selasa, 22 Oktober 2024.


Sementara itu, Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU), Marsekal M Tonny Harjono mengatakan, kandidat ajudan yang dipersiapkan untuk Presiden Prabowo dari Angkatan Udara (AU), yakni Kolonel Pnb Anton 'Sioux' Palaguna.


“Sejauh ini benar (Anton Palaguna), penerbang Sukhoi, F16, siswa saya, saya (dulu) pengajar dia,” kata Tonny.


Tonny, yang juga pernah menjadi ajudan Presiden ke-7 Joko Widodo pada 2014, mengungkapkan, pihaknya menyiapkan enam kandidat ajudan, yang tiga di antaranya dipersiapkan untuk Presiden Prabowo, dan tiga lainnya untuk Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka.


“Yang terpilih (untuk ajudan Presiden), Kolonel Anton. Yang Wapres belum (terpilih),” kata KSAU.


Tonny menyampaikan, kandidat Ajudan Presiden sejauh ini memang telah ada konfirmasi, tetapi belum ada surat resmi.


Tonny juga menyebut, calon Ajudan Presiden akan menjalani proses lanjutan usai seleksi di tingkat Mabes Angkatan dan Sekretariat Militer Presiden (Setmilpres).


Calon ajudan akan menunggu keputusan Menteri Sekretariat Negara, surat keputusan Panglima TNI, dan surat keputusan kepala staf angkatan.


Kolonel Pnb Anton 'Sioux' Palaguna merupakan penerbang pesawat tempur TNI AU lulusan Akademi Angkatan Udara Tahun 2000.


Dia pernah menjabat sebagai Asisten Operasi Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional I dan Komandan Skadron Udara 11 Lanud Hasanuddin.


Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Kadispenal, Laksamana Pertama I Made Wira Hady juga membenarkan, dari matra laut yang terpilih menjadi ajudan Presiden Prabowo, yakni Letkol Laut (P) Romi Habe Putra.


Letkol Laut (P) Romi Habe Putra merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Tahun 2002, dan saat ini berdinas Komandan KRI Sultan Hasanuddin-366.


“TNI AL telah menyeleksi sejumlah kandidat terbaiknya sejak September-Oktober dari tingkat Mabes TNI Angkatan Laut kemudian Setmilpres untuk ajudan Presiden, kemudian dari rangkaian proses seleksi itu, kandidat yang terpilih dari TNI AL Letkol Laut (P) Romi Habe Putra,” kata Kadispenal kepada wartawan.


As SDM Kapolri, Irjen Dedi Prasetyo juga sudah bicara calon ajudan Presiden Prabowo dari Polri. Menurutnya, calon dari Polri merupakan perwira yang telah menjalani pendidikan pengembangan tinggi (Dikbangti) dan dinyatakan sebagai lulusan terbaik.


“Polri telah mempersiapkan calon ADC Presiden dari Perwira terbaik lulusan Dikbangti,” kata As SDM Kapolri, Irjen Dedi Prasetyo. (*/red)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Tulis komentar

Berita Terbaru

Back to Top