Kamis, 03 Oktober 2024

HUT ke-76 Polwan, Irwasum Polri Ingatkan Peran Penting Direktorat PPA-PPO

Irwasum Polri, Komjen H Ahmad Dofiri. 

JAKARTA, GebrakNasional.Com – Irwasum Polri Komjen Ahmad Dofiri menekankan peran penting hadirnya Direktorat Perlindungan Perempuan dan Anak-Pidana Perdagangan Orang (PPA-PPO) Bareskrim Polri.


Menurut Dofiri, Direktorat PPA-PPO tak hanya mengurusi soal pidana berbasis gender, tapi juga leading sector pembinaan bagi seluruh penyidik Polri yang menemukan permasalahan kelompok rentan.


“Direktorat PPA dan PPO sekaligus menjadi leading sector pembinaan bagi seluruh penyidik di lingkungan Polri yang menemukan kelompok rentan, seperti perempuan, anak, lansia, penyandang disabilitas dan kelompok termarjinalkan yang berhadapan dengan hukum,” kata Dofiri dalam sambutannya saat acara Sarasehan Peringatan HUT ke-76 Polwan, Kamis, 03 Oktober 2024.


Dengan dibentuknya Direktorat PPA-PPO, Polwan juga akan mengemban banyak tugas-tugas perihal kelompok rentan.


Dofiri menyampaikan, sudah banyak kasus berbasis gender dalam waktu kurang lebih 1,5 tahun ditangani Polri, di antaranya pidana kekerasan seksual, KDRT, dan perdagangan orang.


“Saya berharap setelah mengikuti acara ini, kita mampu menjadi pelopor dan pelapor untuk menciptakan lingkungan yang bebas dari kekerasan dan memberikan perlindungan terhadap korbannya,” ucapnya.


Dia juga menyampaikan harapan kontribusi Polwan kepada bangsa dan negara. Dia menyampaikan, selamat ulang tahun pada Polwan RI.


“Saya mengucapkan Selamat Ulang Tahun kepada Polisi Wanita Republik Indonesia, semoga semakin profesional dan mampu memberikan warna pada Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam mengukir prestasi melalui pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara,” pungkasnya.


Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menilai, Polwan telah menunjukkan eksistensi dan berkontribusi penting bagi Polri dalam menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks. Kiprah Polwan dipandang mampu meningkatkan kepercayaan publik serta citra positif Polri dan masyarakat.


“Melalui tema Polwan Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas, semoga Polwan dapat meningkatkan kinerjanya untuk mewujudkan Polri yang semakin dekat dan dicintai masyarakat,” ujar Kapolri. (*/red)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Tulis komentar

Berita Terbaru

Back to Top