Selasa, 03 September 2024

Tim Basarnas, Yayasan Rumah Cakrawala Indonesia Berikan Edukasi Bersama Ikatan Keluarga Alumni SMPN 147


Jakarta // GebrakNasional.com - Lingkungan sekolah adalah lingkungan yang perlu perhatian serius dalam menghadapi suatu bencana baik itu banjir, kebakaran maupun gempa bumi terutama waktu jam belajar mengajar / siang hari sampai menjelang sore harihari . Selasa (03/09/2024) 


Keberadaan siswa siswi di sekolah merupakan tanggung jawab bapak ibu guru  yg wajib melindungi dalam keadaan apapun.


Terkait dengan isu akan terjadi gempa bumi ( Mega Trust ) Sekolah Menengah Pertama Negeri 147 bekerja sama dengan Ikatan Keluarga Alumni SMPN 147, serta instansi terkaitt yaitu Yayasan Rumah Cakrawala Indonesia , Basarnas, Tim Relawan Indonesia, telah mengadakan edukasi siap 'selamat dalam menghadapi gempa". Dalam kegiatan tersebut meliputi siswa siswi SMPN 147,  bapak dan ibu guru pengajar di lingkungan SMPN 147, Tata Usaha, pegawai Kantin.


Dalam kegiatan tersebut ( Edukasi Siap Selamat Menghadapi Gempa ) para Siswa, Siswi, bapak dan ibu guru di berikan pelatihan bagaimana menyelamatkan diri ketika gempa terjadi..dari mulai menyelamatkan diri dari kejatuhan benda2 akibat getaran sampai pada evakuasi keluar dari ruang kelas menuju titik kumpul di luar gedung sekolah dalam hal ini bapak ibu guru dibekali bagaimana memberikan arahan saat getaran terjadi maupun evakuasi menuju titik kumpul begitu juga pihak sekolah membentuk Satgas Bencana di bentuk yg anggotanya terdiri dari petugas scurity / Keamanan sekolah.


Dalam menghadapi bencana gempa pihak sekolah telah menyiapkan imfrastructur yang diperlukan , diantaranya sirene , kotak P3K luar ruang tandu, alat pemadam kebakaran, helm, diesel kecil semua itu adalah standar dari  dalam menghadapi gempa bumi.


Dalam kesempatan ini pula di berikan pembeklaan dalam penanganan korban , bila ada yg tertusuk benda tajam maupun patah tulang oleh tim Basarnas.


Dalam masa pelatihan maupun simulasi saat terjadi gempa baik saat terjadi getaran maupun evakuasi korban dihadir oleh tim Basarnas, Yayasan Rumah Cakrawala Indonesia ( salah satunya adalah alumni SMPN 147 ), Tim Relawan Indonesia , Ikatan Alumni SMPN 147.dan yg paling berperan dalam memutuskan dan mendukung kegiatan ini adalah bapak Damiri Mpd. selaku Kepala Sekolah SMPN 147. yang mana beliau begitu merespon dan antusias memberi dukungan atas terselenggaranya kegiatan ini. Pungkasnya


Beliau berharap dengan kegiatan ini, siswa, siswi bapak dan ibu guru Tata Usaha maupun karyawan kantin bisa menjaga keselamatan dirinya saat terjadi gempa dengan memahami dan mengerti tentang edukasi siap selamat menghadapi gempa bumi. (Wie)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Tulis komentar

Berita Terbaru

Back to Top