Rabu, 04 September 2024

Presiden Jokowi Diagendakan Akan Menerima Kunjungan Paus Fransiskus di Istana Merdeka

Paus Fransiskus menerima karangan bunga yang diberikan oleh dua orang anak berpakaian tradisional, Mary Lourdes Wicaksono Atmojo dan Irfan Wael setibanya di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa, 03 September 2024. 

JAKARTA, GebrakNasional.Com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) diagendakan akan menerima kunjungan kenegaraan pemimpin tertinggi gereja Katolik, Paus Fransiskus di Istana Merdeka, Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu, 04 September 2024. Kunjungan kenegaraan itu diagendakan akan dimulai pada pukul 09.30 WIB.


“Ya, Bapak Presiden akan menerima Kunjungan Kenegaraan Yang Mulia Paus Fransiskus di Istana Merdeka pukul 09.30,” kata Deputi Protokol dan Pers Media Istana, Yusuf Permana, Selasa malam, 03 September 2024.


Kunjungan tersebut bakal diawali dengan Upacara Kenegaraan di halaman depan Istana Merdeka. Nantinya, ada beberapa penjabat terkait yang akan ikut hadir dan turut serta.


“Selain itu juga akan ada pertemuan dengan para tokoh agama dan Korps Diplomatik di Istana Negara,” ujar Yusuf.


Untuk diketahui, Paus dan rombongan sudah tiba di Indonesia Selasa siang, 03 September 2024. Ia mendarat menggunakan pesawat komersial ALITALIA di Bandar Udara (Bandara) Internasional Soekarno-Hatta pukul 11.25 WIB.


Adapun Paus Fransiskus yang memiliki nama asli Jorge Mario Bergoglio ini adalah Paus ketiga yang berkunjung ke Indonesia. Kunjungan ini sekaligus adalah perjalanan apostolik Paus ke Tanah Air setelah 35 tahun silam.


Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya pun mengadakan rapat terakhir untuk mengecek persiapan ketibaan Paus Fransiskus ke Indonesia di Istana Merdeka, Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa pagi, 03 September 2024.


Rapat itu digelar bersama Menteri Luar Negeri Retno L. P. Marsudi, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Ketua Panitia Penyambutan Paus ke Indonesia Ignasius Jonan, dan Romo Kardinal Ignatius Suharyo.


“Saya baru saja mengundang rapat terakhir untuk mengecek persiapan ketibaan Yang Teramat Mulia Paus Fransiskus,” kata Jokowi kepada wartawan, Selasa, 03 September 2024.


Menurutnya, kunjungan Paus Fransiskus kali ini menjadi kunjungan yang sangat bersejarah. Kunjungan pun sudah direncanakan sejak beberapa tahun yang lalu, namun sempat tertunda karena pandemi Covid-19.


“Ini merupakan kunjungan ketiga setelah kunjungan Yang Teramat Mulia Paus Paulus ke-6 pada 1970, dan kunjungan Yang Teramat Mulia Paus Yohannes Paulus ke-2 tahun 1989,” ujar Jokowi. (*/red)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Tulis komentar

Berita Terbaru

Back to Top