Kamis, 29 Agustus 2024

Hampir 10 Jam, Andika-Nanang Jalani Pemeriksaan Kesehatan di RSUD Banten

 


Serang // GebrakNasional.com - Pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Serang 2024-2029 Andika Hazrumy-Nanang Supriatna menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Banten, Kamis 29 Agustus 2024. Keduanya menghabiskan waktu hampir sepanjang hari atau memakan waktu hampir 10 jam dalam menjalani pemeriksaan kesehatan itu.


Andika dan Nanang datang berbarengan ke RSUD Banten di Kota Serang sekitar pukul 7.00 WIB. Keduanya disambut oleh Ketua Tim Pemeriksa dr Habib B di lobi gedung Rajawali RSUD Banten, untuk kemudian masuk ke dalam ruangan pemeriksaan setelah sebelumnya berganti pakaian dengan pakaian medis berwarna biru muda.


Keduanya kemudian baru tampak keluar dari ruang pemeriksaan sekitar pukul 16.30 atau hampir 10 jam setelah keduanya masuk ruang pemeriksaan. Andika dan Nanang yang kembali sudah mengenakan pakaian saat datang yaitu kemeja koko putih dan berpeci hitam mengucap syukur karena pemeriksaan diakui berjalan lancar.


"Alhamdulillah semua proses pemeriksaan kesehatan sudah kami berdua jalani dengan lancar," kata Andika kepada pers.


Andika kemudian juga mengapresiasi tim pemeriksa kesehatan yang dinilainya sebagai profesional dan berkualitas. Selain itu Andika juga mengaku bangga dengan kemajuan pesat yang dialami RSUD Banten merujuk kepada pelayanannya yang baik dan peralatan yang memadai. "Jangan lupa kan (pengembangan RSUD Banten) ini dicanangkan saat saya dan pak WH (Wahidin Halim) menjabat (Gubernur dan Wakil Gubernur Banten)," kata Andika.


Kemajuan tersebut, kata Andika, dibuktikan dengan telah menjadinya RSUD Banten sebagai rumah sakit rujukan bagi warga Banten dari kabupaten/kota di Banten, terkecuali yang di wilayah Tangerang. "Dan memang saya juga tadi merasakan dan menyaksikan sendiri bagaimana primanya pelayanan yang diberikan dan peralatannya juga komplit kan," imbuhnya.


Terakhir Andika mengaku memohon doa dan dukungan khususnya warga Kabupaten Serang agar setiap proses yang dijalaninya dalam pencalonan kali ini dapat diberi kelancaran dan keberhasilan. Lebih jauh Andika mengaku optimistis hasil pemeriksaan kesehatan dirinya dan Nanang menunjukkan hasil yang sehat jasmani dan rohani. "Mohon doanya saja ya. insya Allah kami optomistis (sehat)," ujarnya.


Sementara itu, Direktur RSUD Banten Danang Hamsyah, mengatakan pihaknya telah  menyiapkan sebanyak 26 dokter spesialis untuk melakukan tes kesehatan kepada bakal pasangan calon kepala daerah di Provinsi Banten di Pilkada kali ini.


“Ini sudah hari kedua, total yang kami periksa ada lima bapaslon dari Kabupaten Pandeglang dua bapaslon, Kabupaten Serang satu bapaslon dan Kota Cilegon dua bapaslon. Di hari pertama hanya ada satu bapaslon dari Kabupaten Pandeglang,” katanya.


Ia mengatakan RSUD Banten telah menyiapkan sebanyak 26 dokter spesialis untuk melakukan tes kesehatan, terdiri dari masing-masing spesialis, seperti dokter spesialis penyakit dalam, spesialis bedah, spesialis jiwa, THT, mata dan spesialis saraf, radiologi dan patologi klinik, spesialis kebidanan, dan patologi anatomi.


“Kami sudah membentuk tim dan menyiapkan peralatan sesuai dengan pedoman KPU nomor 10 tahun 2024. Untuk jumlah dokter ada 26 dokter spesialis,” katanya.



Para dokter akan melakukan pemeriksaan baik jasmani, rohani, maupun dengan tes narkotika. Ia menyebut untuk pemeriksaan tes kesehatan perempuan dan laki-laki pola tes kesehatan akan berbeda.


"Untuk pasangan calon perempuan ada perbedaan dengan penambahan pemeriksaan pada alat reproduksi pada wanita,” tandasnya.


Untuk jadwal batas tes kesehatan disesuaikan dengan batasan waktu yang telah diberikan oleh KPU yakni hingga tanggal 2 September 2024. Dan untuk hasil pemeriksaan akan diserahkan kepada masing-masing KPU Kabupaten, Kota maupun Provinsi.


“Pemeriksaan ini sampai hari Senin sesuai dengan pedoman di KPU nya. Untuk waktunya mulai dari jam 07.00 sampai 19.00 WIB, untuk hasil pemeriksaannya nanti akan langsung disampaikan kepada KPU dan tidak boleh ke yang lain karena itu miliknya bapaslon,” katanya. (Wie)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Tulis komentar

Berita Terbaru

Back to Top