Sabtu, 20 Juli 2024

Plh Sekda Virgojanti Pimpin Rapat Finalisasi Kesiapan MTQ Ke-21 Provinsi Banten


Serang // GebrakNasional.com - Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah selaku Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Banten Virgojanti memimpin Rapat Finalisasi Persiapan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi Banten ke-21 Tahun 2024, di Aula DPUPR Provinsi Banten, Jumat (19/7/2024). Mengecek kesiapan seluruh bidang kepanitiaan MTQ. 


“Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan, kalau kita lihat Alhamdulillah semuanya sudah siap, termasuk dari Kabupaten dan Kota. Tinggal nanti pelaksanaan,” ucapnya.


Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten, lanjut Virgojanti, sudah siap menerima seluruh kafilah dari delapan Kabupaten dan Kota. Mudah-mudahan bisa mengikuti kegiatan MTQ ini dengan lancar, baik dan aman. Sehingga akhir dari MTQ ini bisa menghasilkan para qori/qoriah yang nantinya akan mewakili Provinsi Banten untuk tampil di kancah nasional.


“Mudah-mudahan bisa diperoleh satu kualitas yang baik sehingga nanti bisa memperoleh apresiasi di tingkat nasional,” ucapnya.


Menurut Virgojanti, panitia seoptimal mungkin untuk mempersiapkan segala sesuatunya dari berbagai bidang yang ada. “Semuanya sudah siap, bidang administrasi, kesekretariatan, acara, kesehatan sampai transportasinya,” imbuh Virgojanti.


Sebagai informasi, rapat mengecek kesiapan mulai dari kesiapan bidang musabaqah dan perhakiman, kesiapan jaringan IT, kesekretariatan, transportasi, bidang pameran dan pasar murah, sampai kesiapan panggung utama yang akan dijadikan lokasi acara pembukaan dan penutupan MTQ.


MTQ ke-21 Tingkat Provinsi Banten ini dilaksanakan dari tanggal 23 s.d 27 Juli 2024 yang dipusatkan di Kawasan Pusat Pemerintah Provinsi Banten (KP3B), Kota Serang dengan mengusung tema 'Melalui Musabaqah Tilawatil Qur’an Tingkat Provinsi Banten XXI Tahun 2024, Kita Wujudkan Masyarakat Cinta Al Qur’an Untuk Banten yang Maju Berlandaskan Iman dan Taqwa'.


Arena utama pelaksanaan MTQ tahun ini terpusat di area Masjid Raya Al-Bantani, KP3B Curug, Kota Serang dengan 14 majelis mata lomba. Majelis pertama di area Masjid Raya Al Bantani dengan kategori Lomba Seni Baca Al qur'an dewasa dan Qira’at Al qur'an.


Lalu majelis kedua di Aula Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekretariat Daerah Provinsi Banten dengan kategori Lomba Tartil Al qur'an dan Disabilitas Netra. Majelis ketiga di Aula Inspektorat dengan kategori Lomba Seni Baca Al qur'an bagi remaja dan anak-anak. Majlis keempat di Aula Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Banten dengan kategori Lomba Qira’at Sab’ah Murattal dewasa dan remaja.


Selanjutnya untuk majelis kelima di Aula Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Banten dengan kategori Lomba Hafalan 1 Juz dan Tilawah serta Hafalan 5 Juz Tilawah. Majelis keenam di Aula Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Banten dengan kategori Lomba Hafalan Al qur'an 10 dan 20 juz. 


Kemudian majelis ketujuh di Aula Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Banten dengan kategori Lomba Tafsir Al qur'an Bahasa Arab dan Hafalan Al qur'an 30 Juz. Majelis kedelapan di Aula Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Banten dengan kategori Lomba Tafsir Al qur'an Bahasa Inggris dan Indonesia.


Majelis kesembilan di Aula Dinas Pariwisata Provinsi Banten dengan kategori Syarh Al qur'an. Majelis kesepuluh di Aula Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Banten dengan kategori Lomba Fahm Al qur'an. Majelis kesebelas di selasar Masjid Raya Al Bantani dengan kategori Lomba Seni Kaligrafi Al qur'an untuk naskah, hiasan mushaf, dekorasi dan kontemporer.


Majelis keduabelas di Aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Banten dengan kategori lomba Karya Tulis Ilmiah Al qur'an. Majelis ketigabelas di Aula Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Banten dengan kategori Lomba Hafalan Hadits untuk 100 hadits dengan sanad dan 500 hadits tanpa sanad. 


Terakhir majelis keempatbelas di Aula Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten dengan kategori Lomba Qira’at Kutub untuk Ula, Wustho dan ‘Ulya. (Wie/Red)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Tulis komentar

Berita Terbaru

Back to Top