Selasa, 23 Juli 2024

Ini Enam Cagub yang Diusung Gerindra di Pilkada 2024, Ada Luthfi di Jateng - Mualem di Aceh

Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani. 

JAKARTA, GebrakNasional.Com – Partai Gerindra resmi mengumumkan Bakal Calon Gubernur (Cagub) yang akan diusung di Pilkada 2024. Setidaknya ada enam bakal Cagub yang diumumkan Sekjen Gerindra, Ahmad Muzani.


“Kemarin Pak Prabowo telah mengambil keputusan untuk Calon Gubernur yang sudah beliau putuskan untuk maju menjadi Calon Gubernur di enam provinsi,” kata Muzani kepada wartawan, Senin, 22 Juli 2024.


Muzani menyampaikan, pihaknya mengusung Muzakir Manaf atau Mualem maju Pilgub Aceh. Menurutnya, figur Bakal Cawagub masih dikomunikasikan dengan partai lain.


“Untuk Aceh, beliau putuskan Calon Gubernur yang beliau putuskan untuk maju menjadi Calon Gubernur adalah Saudara Haji Muzakir Manaf. Kemudian untuk Wakil, beliau masih terus berkomunikasi dan berkoordinasi, harapannya bisa dari kader Gerindra,” ujarnya.


Muzani juga mengumumkan, partainya mengusung politikus Golkar sekaligus Wakil Ketua Komisi IX DPR, Emmanuel Melkias Laka Lena maju Pilgub NTT. Dia menyebut, belum ada sosok Bakal Cawagub yang diputuskan untuk mendampingi Melki.


“Kemudian Nusa Tenggara Timur, beliau memutuskan Saudara Emmanuel Melkias Laka Lena. Kemudian sama Wakil Gubernur juga terus berkomunikasi untuk beliau putuskan,” katanya.


Selanjutnya, Muzani mengumumkan mengusung Ketua DPD Gerindra Maluku, Hendrik Lewarissa. Di Pilgub Kalimantan Tengah, Gerindra mengusung politikus PDIP, Agustiar Sabran.


“Kemudian untuk Maluku, beliau putuskan Saudara Hendrik Lewarissa, Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Maluku untuk maju menjadi Calon Gubernur di Provinsi Maluku,” kata Muzani.


“Kemudian untuk Kalimantan Tengah, beliau putuskan adalah Saudara Agustiar Sabran sebagai Calon Gubernur Kalimantan Tengah,” imbuhnya.


Muzani melanjutkan, Prabowo telah memutuskan mengusung Kapolda Jawa Tengah, Ahmad Luthfi maju Pilgub Jateng. Selain itu, Gerindra mengusung bakal paslon Andi Sudirman Sulaiman dan Fatmawati Rusdi di Pilgub Sulawesi Selatan.


“Kemudian Jawa Tengah, Pak Prabowo putuskan adalah Irjen Polisi Ahmad Luthfi menjadi Calon Gubernur Jawa Tengah,” kata Muzani.


Berikut Daftar Cagub yang Diusung Gerindra di Enam Wilayah:


1. Aceh: Muzakir Manaf (Mualem)


2. ⁠NTT: Emmanuel Melkiades Laka Lena


3. ⁠Jawa Tengah: Ahmad Luthfi


4. ⁠Maluku: Hendrik Lawerissa


5. ⁠Kalimantan Tengah: Agustiar Sabran-Edy Pratowo


6. ⁠Sulawesi Selatan: Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi


(*/red)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Tulis komentar

Berita Terbaru

Back to Top