Kamis, 16 Mei 2024

Babinsa Koramil 0602-13/Padarincang Dampingi Petani melaksanakan Kegiatan Pompanisasi

 


Serang // GebrakNasional.com - Sebagai upaya mewujudkan ketahanan pangan, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0602-13/Padarincang Kodim 0602/Serang Sersan Dua (Serda) Aryadi, melaksanakan kegiatan pendampingan pertanian melalui program pompanisasi perawatan padi bersama Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Pada Tani, bertempat di Desa Citasuk Kecamatan Padarincang Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Kamis (16/05/2024).


Babinsa Koramil 0602-13/Padarincang mengungkapkan, memang sampai saat ini pertanian di wilayah Kecamatan Padarincang, masih belum memasuki masa penggarapan. Akan tetapi, lahan tersebut sudah memasuki tahap perawatan padi menggunakan mesin Pompanisasi.


" Kegiatan tersebut, perintah langsung dari Komandan Kodim (Dandim) 0602/Serang Kolonel Inf Mulyo Junaidi, yang diberikan kepada Danramil 0602-13/Padarincang Letda Inf I Made Sudarma, sebagai bentuk realisasi program Kementerian Pertanian bersama TNI AD. 


Lanjutnya, memang untuk sekarang keadaan ketersediaan air, sementara masih dalam kondisi aman karena masih musim penghujan. Tetapi lahan yang sudah ditanami padi diperlukan perawatan, terutama terkait masalah pengairan," ungkapnya.


" Sebagai Babinsa berharap, dengan kehadiran kami bersama pertani akan meningkatkan motivasi dan semangat mereka, sehingga akan memberikan kesejahteraan dalam peningkatan hasil panen, agar mewujudkan swasembada pangan nasional yang berkelanjutan,," jelasnya. 


Sementara itu, Ketua Gapoktan Pada Tani H. Jumroni mengungkapkan areal persawahan, sudah memasuki masa perawatan padi. Karena memang kondisi debit air sudah mulai berkurang.


" Babinsa Koramil 0602-13/Padarincang, selalu hadir membantu dan melaksanakan pendampingan. Sampai saat ini, kami terus melakukan pengairan menggunakan pompanisasi dari penampungan air. Dimana pembangunannya, hasil bantuan dari Kementrian Pertanian, lewat Dinas Pertanian Kabupaten Serang," tukasnya. (Wie/Red)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Tulis komentar

Berita Terbaru

Back to Top