Rabu, 02 Agustus 2023

Sadar Hukum, Bhabinkamtibmas Polsek Pulosari Polres Pandeglang Hadiri Sosialisasi Pembinaan Desa


Pandeglang // GebrakNasional.com - Personel Bhabinkamtibmas Polsek Pulosari Polres Pandeglang Desa Cilentung menghadiri Sosialisasi Pembinaan Desa Sadar Hukum yang bertempat di Balai Desa Cilentung Kecamatan Pulosari Kabupaten Pandeglang Rabu (02/08/2023).


Hadir dalam kegiatan tersebut, Kades Desa Cilentung beserta seluruh,  Sekdes desa Cilentung beserta seluruh perangkat  desa Cilentung Bhabinkamtibmas  Polsek Pulosari Bripka Sandi Wardiyandi desa Cilentung,  dan undangan lainnya.


Dalam materinya Bhabinkantibmas Desa Cilentung Bripka Sandi Menyampaikan Hukum adalah suatu tata aturan kehidupan yang diciptakan untuk mencapai nilai-nilai yang diinginkan masyarakat. Salah satu nilai yang menjadi tujuan hukum adalah Ketertiban yang berarti kepatuhan dan ketaatan perilaku dalam menjalankan apa yang dilarang dan diperintahkan hukum itu sendiri.


Untuk menumbuhkan kebiasaan sadar hukum inilah yang menjadi tantangan dan tanggung jawab semua pihak. Budaya sadar dan taat hukum sejatinya haruslah ditanamkan sejak dini. Maka elemen pendidikanlah menjadi ujung tombak dalam menanamkan sikap dan kebiasaan untuk mematuhi aturan-aturan yang ada.


“Tingginya kesadaran hukum di suatu wilayah akan memunculkan masyarakat yang beradab. Membangun kesadaran hukum sejak dini,tidak harus menunggu setelah terjadi pelanggaran dan penindakan oleh penegak hukum. Upaya pencegahan dinilai sangat penting dan bisa dimulai dari dalam keluarga sebagai unit terkecil masyarakat. Kesadaran inilah yang mesti kita bangun dimulai dari keluarga.”ujar Bripka Sandi.


Disampaikan Bripka Sandi, Lembaga pendidikan formal, informal dan non formal perlu diajak bersama-sama mengembangkan kesadaran dan kecerdasan hukum sejak dini.Pendidikan hukum tidak terbatas hanya pendidikan formal di bangku sekolah saja, namun juga dapat dilakukan di luar bangku sekolah.


“Pembelajaran mengenai hukum sejak dini harus diajarkan kepada anak-anak agar nantinya tertanam dalam diri mereka rasa kebutuhan akan peraturan hukum.”pungkas Bripka Bripka Sandi.

(Wie/Red)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Tulis komentar

Berita Terbaru

Back to Top