Kamis, 17 Agustus 2023

Dengan "Clean and Clear" Penyelesaian Sertipikasi Aset PT PLN (Persero) Lebih Cepat dan Pastinya Lebih Aman

 


Serang // GebrakNasilnal.com - Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Banten (Kakanwil BPN Banten), Sudaryanto menerima kunjungan General Manager Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Distribusi Banten, Abdul Mukhlis dan jajaran PT PLN (Persero) lainnya untuk bersilaturahmi sekaligus membahas seputar sertipikasi aset milik PT PLN (Persero).


Pertemuan berlangsung di Kanwil BPN Banten, Rabu, (16/8/2023). Dalam pembukaannya Sudaryanto memperkenalkan diri dan menyampaikan bahwa saat ini Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) sedang melakukan alih media sertipikat tanah instansi pemerintah dimulai dari aset milik Kementerian ATR/BPN kemudian akan bertahap alih media sertipikat aset instansi pemerintah lainnya termasuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN). 


"Sudah tuntutan jaman, bikin sertipikat kedepannya akan ke arah digital, apalagi target ATR/BPN di 2025 seluruh bidang tanah di Republik Indonesia itu terdaftar artinya terpetakan," tutur Sudaryanto.


Sudaryanto menuturkan merupakan tugas Kementerian ATR/BPN untuk melakukan pendaftaran seluruh bidang tanah di Indonesia, termasuk sertipikasi aset sebagai upaya mengamankan aset negara, namun demikian BPN sangat berhati-hati dalam melakukan sertipikasi.


Beliau meminta agar setiap permohonan sertipikasi aset milik PT PLN (Persero) dilengkapi dengan dasar perolehan dan secara fisik juga dikuasai oleh PT PLN (Persero), “Harapan kami jika alas haknya sudah _clean and clear_, jangan sampai setelah terbit di _complain_ pihak lain,” ujarnya.


Beliau juga menyampaikan jika ada permasalahan terhadap tanah yang dimohonkan penetapan atau perpanjangan atau pembaharuan haknya agar diselesaikan terlebih dahulu, “Dengan  _clean and clear_, jika semua tidak masalah, sertipikasi aset bukan hanya lebih cepat tapi juga lebih aman,” pungkasnya.


Dalam pertemuan ini Sudaryanto didampingi oleh Kepala Bidang Penetapan Hak dan Pendaftaran, Yayat Ahadiyat Awaludin dan Kepala Bidang Survei dan Pemetaan, Suwandi Prasetyo.


Adapun jajaran PT PLN (Persero) yang hadir dari PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Banten yaitu General Manager PLN Unit Induk Distribusi Banten Abdul Mukhlis, Senior Manager Keuangan, Komunikasi, dan Umum Rahmat Mulyana. PT PLN (Persero) Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat, General Manager PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat Erwin Ansori dan Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum M Eka Yuliartana. General Manager Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat dihadiri oleh Senior Manager Perizinan, Pertanahan dan Komunikasi Ratih Kusuma Dewi. (Wie/Red)


Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Tulis komentar

Berita Terbaru

Back to Top