Sabtu, 10 Juni 2023

Tanam Mangrove, Kapolres Pandeglang Tegaskan Pentingnya Menjaga Ekosistem Laut

 


Pandeglang // GebrakNasional.com - Kapolres Pandeglang AKBP Belny Warlansyah menegaskan tanaman bakau atau mangrove penting sebagai upaya menjadi lingkungan dan ekosistem laut.


"Dengan adanya tanaman mangrove, maka dapat meminimalisir dampak kerusakan parah dan menahan terjangan ombak di pesisir pantai. Apalagi ekosistem hutan mangrove telah terbentuk dan memiliki dampak lingkungan cukup penting," kata AKBP Belny Warlansyah, Jumat (09/06/2023).

 

Pernyataan tersebut disampaikannya saat menanam bibit mangrove di pesisir Pantai Pelabuhan Sumur, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten. 

 

AKBP Belny Warlansyah mengatakan penanaman bibit mangrove tersebut merupakan inisiatif yang dilakukan Polsek Sumur yang berkolaborasi dengan masyarakat setempat.

 

"Hari ini kami juga telah berkolaborasi melaksanakan patroli laut bersama salah satu Youtuber Indonesia, tak mau kalah ternyata Polsek Sumur juga berkolaborasi dengan warga setempat untuk melakukan penanaman mangrove, senang sekali jajaran Polsek kami (Polres Pandeglang) bisa mengajak warga untuk peduli kepada lingkungan," katanya, Sabtu (10/06).

 

AKBP Belny Warlansyah menyebutkan penanaman mangrove tersebut bertujuan untuk menjaga dan menghidupkan kembali ekosistem laut. Selain itu juga sebagai langkah mitigasi terhadap bencana alam dan kemungkinan bencana yang terjadi ke depannya. 

 

"Penanaman tanaman mangrove juga merupakan upaya mendukung program pemerintah sebagai gerakan penghijauan guna mencegah abrasi pantai. Diharapkan seluruh elemen masyarakat dapat berperan aktif dalam melestarikan alam, lewat langkah kecil ini marilah kita selaku masyarakat Pandeglang lebih peduli dengan lingkungan," lanjut Kapolres Pandeglang.

 

Sementara, Dandim 0601 Pandeglang Letkol Inf Suryanto yang ikut dalam kegiatan tersebut mendukung program penghijauan tanaman mangrove di pesisir pantai. Apalagi unsur alam berperan penting dalam pembangunan ekonomi suatu daerah. 

 

"Saya mengimbau seluruh anggota Kodim 0601 dan masyarakat di Kabupaten Pandeglang untuk ikut serta dalam program penghijauan. Tidak hanya cukup pada hari ini saja, namun diharapkan justru tumbuh dari masyarakat sendiri untuk menyukseskan program ini," kata Letkol Inf Suryanto. (Wie/Red)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Tulis komentar

Berita Terbaru

Back to Top