Selasa, 04 April 2023

Polda Banten Ikuti Vicon Terkait Analisa dan Evaluasi Situasi Kamtibmas Terkini


Serang // GebrakNasional.com - Polda Banten mengikuti kegiatan Vicon pimpinan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang dilaksanakan di ruang Vicon pada Selasa (04/04).


Kegiatan Ini dipimpin langsung oleh Kapolri yang dihadiri oleh Kapolda Banten Irjen Pol Prof. Dr. Rudy Heriyanto didampingi Wakapolda Banten Brigjen Pol M. Sabilul Alif dan Pejabat Utama (PJU) Polda Banten yang diikuti Polda seluruh Indonesia melalui zoom meeting.


Dalam Anev tersebut Kapolri mengatakan antisipasi kejahatan konvensional. “Antisipasi tren peningkatan kejahatan pada beberapa jenis kejahatan konvensional seperti tawuran, penggunaan senjata tajam dan senjata api, pengancam serta perampasan tidak boleh terjadi lagi,” ucap Kapolri.


Kemudian Kapolri menjelaskan beberapa langkah untuk mengantisipasi kejahatan konvensional tersebut. “Tolong kepada Kapolda dan jajaran untuk memapping permasalahan Kamtibmas di masing-masing wilayah, lakukan sosialisasi dan edukasi baik secara langsung maupun literasi digital untuk memperkuat daya tangkal masyarakat terhadap kejahatan, pendekatan peningkatan kesejahteraan untuk mengurangi motif ekonomi untuk melakukan kejahatan, tingkatkan patroli gabungan bersama TNI di jam-jam rawan, antisipasi kejahatan jalanan, tawuran, dan balap liar agar kehadiran Polri benar-benar dirasakan ditengah masyarakat, jika terjadi tindak pidana segera lakukan pengungkapan cepat terhadap pelaku kejahatan untuk memberikan defference effect terhadap para pelaku tawuran,” jelas Kapolri.


Selain itu, Kapolri juga memerintahkan kepada para Kapolda dan jajaran untuk membuat himbauan terkait penanganan rumah kosong yang ditinggal mudik. “Himbau masyarakat agar melaporkan kepada RT/RW dan Bhabinkamtibmas setempat jika pergi meninggalkan rumah diwaktu yang cukup lama atau mudik, aktifkan Siskamling dan menerapkan one gate system, patroli secara rutin di kawasan permukiman dan melakukan penegakkan hukum terhadap pelaku Curat,” tutur Kapolri. (Wie/Red)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Tulis komentar

Berita Terbaru

Back to Top