Jumat, 03 Maret 2023

Tanggul Penahan Tanah Longsor, Personel Bhabinkamtibmas Polsek Mancak Polres Cilegon Datangi Lokasi Musibah


Cilegon // GebrakNasional.com - Personel Bhabinkamtibmas Polsek Mancak Polres Cilegon Polda Banten merespon dengan cepat terkait adanya laporan dari warga masyarakat bahwa telah terjadi kerusakan terhadap sebuah bangunan  tanggul penahan tanah (TPT) akibat curah hujan dengan intensitas yang tinggi disertai angin yang kencang di daerah Desa Bale kencana. Jum’at (03/03/2023).


Kapolres Cilegon Polda Banten AKBP Eko Tjahyo Untoro, yang saat ini diwakili oleh Kapolsek Mancak Polres Cilegon Polda Banten IPTU Asep Gundara YSE, mengatakan bahwa akibat curah hujan dengan intensitas tinggi disertai dengan angin kencang yang terjadi di wilayah Kecamatan Mancak, telah menyebabkan tanggul penahan tanah yang letaknya lebih tinggi menjadi longsor dan menimpa terhadap bangunan ruman di bawahnya milik salah satu warga masyarakat di Desa Bale Kencana.


Kejadian tersebut terjadi pada hari Kamis (02/03), dalam menindaklanjuti laporan tersebut, IPTU H. Imam Maryono (Kanit Intelkam) sebagai Piket pawas di dampingi oleh AIPDA M. Rubama, sebagai personel Bhabinkamtibmas Desa Bale Kencana, segera meluncur dan mengecek ke lokasi kejadian musibah tersebut di lingkungan kampung Karamat Rt 007/002, Desa Bale Kencana, bahwa benar tanggul penahan tanah yang letaknya lebih tinggi, terlihat ambrol dan longsor yang menimpa rumah (bagian kamar mandi) milik korban Sdr JAMHARI.  


Berdasarkan pengamatan di lokasi bahwa ambrol dan longsornya tanggul penahan tanah yang letaknya lebih tinggi tersebut, akibat terkikis dan tergerus oleh air hujan yang cukup deras mengguyur daerah tersebut semalaman, sehingga ambrol dan longsor ke arah samping dan menimpa bagian rumah tersebut, tidak ada korban jiwa dan menurut keterangan korban akibat kejadian tersebut mengalami kerugian materi diperkiraan sebesar Rp 15.000.000, - (Lima Belas Juta Rupiah), “Papar M. Rubama.


Kapolsek Mancak Polres Cilegon Polda Banten berpesan kepada warga masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan dengan kondisi cuaca ekstrem seperti curah hujan yang tinggi disertai angin kencang yang akhir - akhir ini sering terjadi di wilayah Kecamatan Mancak, selalu siap siaga guna mengantisipasi berbagai potensi bencana  alam yang sewaktu - waktu bisa terjadi serta segera laporkan jika ada kejadian musibah bencana alam untuk bisa segera ditindaklanjuti, “Tutupnya.

(Wie/Red)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Tulis komentar

Berita Terbaru

Back to Top