Selasa, 07 Maret 2023

BPBD KABUPATEN SERANG CEK TABUNG APAR MILIK RUTAN SERANG



SERANG // GebrakNasional.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang mendatangi Rumah Tahan Negara (Rutan) Kelas IIB Serang untuk membanu melakukan pengecekan sekaligus perawatan tabung Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Selasa (07/03/2023).

Pengecekan dan Perawatan tabung APAR biasa dilakukan secara rutin dan berkala agar sewaktu terjadinya percikan api yang berpotensi membesar di area rumah maupun kantor, tabung APAR masih dapat difungsikan guna mencegah terjadinya kebakaran.

"Ini kali kedua kami melakukan pengecekan setelah menjabat sebagai Karutan Kelas IIB Serang. Sebelumnya telah kami lakukan di bulan Desember lalu saat pertama kali menjabat. Ini selalu rutin kami lakukan pertriwulan (tiga bulan) sebagai langkah antisipasi mencegah terjadinya kebakaran di dalam Rutan," Jelas Kepala Rutan Kelas IIB Serang Payoga Yulanda.

Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Abimantrana juga menjelaskan jika pengecekan dan perawatan yang dilakukan merupakan salah satu bentuk antisipasi Kemanan dan Ketertiban di Rutan Serang.

"Jika ada percikan api kami beserta regu jaga adalah garda pertama yang mengcover hal tersebut dengan melakukan tindakan pemadaman api menggunakan APAR, agar tidak membuat kegaduhan dan kepanikan seluruh WBP yg ada di Rutan," jelas lelaki dengan panggilan Abi.

Selain melakukan pengecekan dan perawatan secara berkala, Rutan Kelas IIB Serang juga bekerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran setempat untuk membekali seluruh staf dan regu jaga di Rutan agar dapat melakukan tindakan awal jika terjadinya kebakaran.

"Kalau untuk pembekalan cara pemadaman kami bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran. Jadi ketika melihat sumber api staf maupun regu jaga langsung sigap melakukan pemadaman sebelum api membesar," tambah Abi. (Rendi)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Tulis komentar

Berita Terbaru

Back to Top