Senin, 27 Februari 2023

Ritual Pengurutan Untuk Anggota Baru TTKKDH



SERANG // GebrakNasional.com - Dalam rangka menerima Anggota baru , Kebudayaan Seni Budaya Pencak silat Tjimande Tari Kolot Kebon Djeruk Hilir (TTKKDH) yang dibawah naungan DPW Provinsi Banten, lontar kota Serang Kecamatan Serang, menggelar Ritual Pengurutan penerimaan anggota baru TTKKDH di Markas besar DPW Provinsi Banten,senin malam (27/02/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh pengurus dan anggota serta masyarakat yang hadir turut menyaksikan dan tampak hadir Kapolsek Serang Kota, H. Tb, Mulyana yang pengurus DPP TTKKDH. 

Ketua DPW Provinsi Banten H. Tb. Arif Hidayat mengatakan, kegiatan tersebut merupakan ritual rutin, yang disetiap penerimaan anggota baru. Selain itu, TTKKDH sendiri memiliki ritual khusus ," jelasnya

Sebelum melakukan ritual pengurutan ada sejumlah ritual lainnya yang dilakukan. Seperti, baluran atau pengurutan pada beberapa bagian anggota tubuh seperti pengurutan kedua Tangan,"Jadi ada doa - doa sebelum dilakukan ritual pengurutan sebanyak 100 orang anggota," ucapnya.


Dalam acara itu juga, beberapa peguron yang ada di berbagai Kecamatan menampilkan aksi bela diri di depan masyarakat yang hadir menyaksikan. 

H.Arif Hidayat menambahkan,seni budaya. Silat ini mereka yang tampil disini demi menguji mental dan ketrampilan nya, agar tak canggung jika nanti pentas diluar tidak hanya ditempat nya saja dan juga kita mencari dan membina bibit bibit baru yang nanti nya sebagai penerus lah satunya, Tjimande dan untuk tetap menjaga dan melestarikan seni budaya tersebut," jelasnya.

Tak ketinggalan Kapolsek Serang Kota juga tampak turut diurut dalam ritual tersebut. (Rendi)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Tulis komentar

Berita Terbaru

Back to Top