Kamis, 29 Desember 2022

Kapolsek Sumur Polres Pandeglang Hadiri Kegiatan Rakor Perlindungan Satwa dan Habitatnya


Pandeglang // GebrakNasional.com – Bertempat di Aula Seksi III Cibayoni, Sumur, TNUK Kapolsek Sumur IPTU Barmono mengahadiri kegiatan Evaluasi RPU, pelatihan modul perlindungan satwa dan habitatnaya, serta bimbingan teknis (BIMTEK) di wilayah Kabupaten Pandeglang khususnya Ujungkulon, Kamis (29/12/2022).


Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Bali TNUK Sdr. Ir. Anggodo, Manager Yabi Ujung Kulon Sdr. Yusep Hardiana, KSPTU Sdr. Dudi Mulyadi, dan para tamu undangan.


Rapat koordinasi ini diselenggaran terkait Evaluasi RPU, pelatihan modul perlindungan satwa dan habitatnaya, serta bimbingan teknis (BIMTEK) di wilayah Kabupaten Pandeglang khususnya Ujungkulon menjadikan kawasan ini memiliki tingkat keanekaragaman ekosistem hayati yang tinggi dan diantaranya terdapat jenis tumbuhan, mamalia, reptilia, Amphibia, primata dan jenis burung.


Dengan hal tersebut diperlukan upaya dan komitmen dari berbagai pihak guna menjaga keutuhan kawasan hutan TNUK. Salah satu bentuk komitmennya adalah penegakan hukum dalam mencegah tindak pidana kehutanan dan atau kebakaran hutan, perburuan, peredaran dan perdagangan tumbuh-tumbuhan dan satwa liar dilindungi di Kawasan Taman Nasional dan kawasan konservasi.


Adapun Tujuan dari rapat koordinasi ini adalah mencapai Kesepakatan Bersama serta sebagai wadah koordinasi antar instansi pemerintah, Polri, TNI serta LSM dan peduli hutan agar terciptanya persamaan pola pikir, pola sikap dan pola tindak dalam melaksanakan tugas Pengamanan dan Perlindungan Kawasan hutan dan sekitarnya. Kegiatan ini sangat diperlukan guna menyelamatkan kawasan hutan serta mempermudah koordinasi dalam pelaksanaan tugas dilapangan.


AKBP Belny Warlansyah Kapolres Pandeglang melalui Kapolsek Sumur IPTU Barmono mengatakan, “Saya berharap kawasan hutan diwilayah Ujung Kulon ini dapat terlindungi dari perambahan, perburuan hewan dan tanaman serta terjaga kelangsungan fungsinya sehingga terus dapat memberikan manfaat bagi generasi sekarang dan yang akan datang.” (Wie/Red)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Tulis komentar

Berita Terbaru

Back to Top