Selasa, 01 Juni 2021

KETUA UMUM ORMAS MAPAN BANTEN AJAK PENGURUS DAN ANGGOTA UNTUK MENGAMALKAN NILAI-NILAI PANCASILA


SERANG//GebrakNasional.com - Pancasila berasal dari bahasa Sanskerta yang terdiri dari dua kata, yaitu Panca yang berarti Lima dan Sila yang berarti prinsip atau asas, sendi, dasar.

Hari Lahir Pancasila di putuskan dan ditetapkan oleh Pemerintah pada tanggal 1 Juni 1945. Tahun 2021 saat ini sudah terhitung 76 tahun Indonesia memiliki Dasar Negara, sesuai dengan pembukaan Undang-Undang Dasar Tahun 1945. 

Tubagus Mulyadi selaku Ketua Umum DPP Ormas Masyarakat Patriot Nusantara (MAPAN) Banten mengajak kepada seluruh pengurus dan anggota Ormas MAPAN Banten agar dapat mengamalkan nilai-nilai Pancasila dengan baik dan benar.

Tubagus Mulyadi pun mengatakan kepada awak media GebrakNasional.com bahwa kita semua harus menerapkan Pancasila dalam kehidupan sehari-sehari karena Pancasila merupakan Pandangan Hidup bagi kita semua Warga Negara Indonesia.

Pancasila memiliki nilai-nilai yang religius dan bermakna, yang bertujuan untuk membentuk sikap yang positif terhadap manusia sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung didalam Pancasila. Ucap Tubagus Mulyadi 

Nilai-nilai dasar dari Pancasila tersebut meliputi nilai Ketuhanan Yang Maha Esa, Nilai Kemanusiaan yang adil dan beradab, Nilai Persatuan dan kesatuan, Nilai kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat serta Nilai keadilan sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia. Ujar Tubagus Mulyadi

Tubagus Mulyadi mengungkapkan bahwa Pancasila memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi seluruh Rakyat Indonesia, manfaat tersebut diantaranya adalah 1.Sebagai Kerangka acuan membentuk karakter, 2.Sebagai petunjuk dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi Bangsa, 3.Sebagai petunjuk arah bagi Bangsa Indonesia dalam segala bidang kegiatan dan aktivitas kehidupan sehari-hari, 4. Sebagai arahan bagi Warga Negara dalam melihat dan memanfaatkan potensi alam Indonesia, 5.Sebagai pedoman bagi Bangsa Indonesia dalam membangun diri sendiri dalam menjalin hubungan dengan Bangsa lain.

Selanjutnya Sekretaris Jenderal DPP Ormas Masyarakat Patriot Nusantara (MAPAN) Banten Hendi Effendi (Asep) menjelaskan bahwa Pancasila sebagai Jiwa Bangsa Indonesia, Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa Indonesia, Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum, Pancasila sebagai pandangan hidup Bangsa Indonesia, Pancasila sebagai cita-cita dan tujuan Bangsa Indonesia, Pancasila menjadi Falsafah Hidup Bangsa, Pancasila sebagai Dasar Negara Republik Indonesia dan Pancasila sebagai perjanjian luhur Bangsa Indonesia maka dari itu Kita sebagai Warga Negara Indonesia harus menjaga dan menerapkan Pancasila dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari.

Hendi berpesan kepada seluruh lapisan Masyarakat, baik dari kalangan Pejabat, Pengusaha, Buruh, Pegawai, Karyawan, Pedagang, Aktifis, Jurnalis, Mahasiswa dan Masyarakat umum lainnya, agar kita saling bahu membahu memperkuat persatuan dan kesatuan serta memiliki jiwa kemanusiaan yang tinggi untuk membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, khususnya Daerah Banten yang kita cintai ini.

Yakinlah dengan kita mengamalkan nilai-nilai Pancasila dengan baik dan benar maka kita akan lebih cepat membangkitkan perekonomian Nasional akibat pandemi Covid-19." Pungkas Tubagus Mulyadi

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Tulis komentar

Berita Terbaru

Back to Top